Gambaran Pengetahuan Klien Tentang Gastritis


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu diantaranya yang dipandang mempunyai peranan penting ialah menyelenggarakan pelayanan kesehatan.

Penyakit Gastritis yang dikenal dengan Gastritis saluran pencernaan bagian atas yang banyak dikeluhkan masyarakat dan paling banyak dibagian gastroenterologi (Mustakim, 2009). Menurut Herlan (2001), menyatakan Gastritis bukanlah penyakit tunggal, tetapi beberapa kondisi yang mengacu pada peradangan lambung. Biasanya peradangan tersebut merupakan akibat dari infeksi bakteri yang dapat mengakibatkan borok lambung yaitu Helicobacter Pylory.

Keluhan Gastritis merupakan suatu keadaan yang sering dan banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang kita jumpai penderita Gastritis kronis selama bertahun-tahun pindah dari satu dokter ke dokter yang lain untuk mengobati keluhan Gastritis tersebut. Berbagai obat-obatan penekan asam lambung sudah pernah diminum seperti antasid, namun keluhan selalu datang silih berganti. Keluhan yang berkepanjangan dalam menyembuhkan Gastritis ini dapat menimbulkan stress, gara-gara Gastritis sekitar 10% dan biaya yang tidak sedikit. Bagi stress ini bukan tidak mungkin justru menambah berat Gastritis penderita yang sudah ada (Budiana, 2006).

Budiana (2006), mengatakan bahwa Gastritis ini terbesar di seluruh dunia dan bahkan diperkirakan diderita lebih dari 1,7 milyar. Pada negara yang sedang berkembang infeksi diperoleh pada usia dini dan pada negara maju sebagian besar dijumpai pada usia tua.

Angka kejadian infeksi Gastritis Helicobacter Pylory pada beberapa daerah di Indonesia menunjukkan data yang cukup tinggi. Menurut Maulidiyah dan Unun (2006), di Kota Surabaya angka kejadian Gastritis sebesar 31,2%, Denpasar 46%, sedangkan di Medan angka kejadian infeksi cukup tinggi sebesar 91,6%. Adanya penemuan infeksi Helicobacter Pylory ini mungkin berdampak pada tingginya kejadian Gastritis. Faktor etiologi Gastritis lainnya adalah asupan alkohol berlebihan (20%), merokok (5%), makanan berbumbu (15%), obat-obatan (18%) dan terapi radiasi (2%) (Herlan, 2001).

Dari hasil penelitian para pakar, didapatkan jumlah penderita Gastritis antara pria dan wanita, ternyata Gastritis lebih banyak pada wanita dan dapat menyerang sejak usia dewasa muda hingga lanjut usia. Di Inggris 6-20% menderita Gastritis pada usia 55 tahun dengan prevelensi 22% insiden total untuk segala umur pada tahun 1988 adalah 16 kasus/1000 pada kelompok umur 45-64 tahun. Insiden sepanjang usia untuk Gastritis adalah 10% (Harun Riyanto, 2008).

Berdasarkan hasil survey awal dilokasi penelitian yaitu di RSU. Dr. F.L. Tobing Sibolga tahun 2008 ditemukan rata-rata perbulannya penderita Gastritis yang berobat selama tahun 2008 masih cukup banyak yaitu setiap bulannya ± 40 orang (Profil RSU. Dr. F.L. Tobing Sibolga, 2008).

Dari latar belakang di atas maka penulis merasa tertarik untuk penelitian dengan judul “Gambaran Pengetahuan Klien Tentang Gastritis di RSU. Dr. Fl. Tobing Sibolga Tahun 2009”.

 

~ oleh addy1571 pada Agustus 23, 2009.

13 Tanggapan to “Gambaran Pengetahuan Klien Tentang Gastritis”

  1. mas kalau boleh saya mnt daftar referensi serta pustaka yang digunakan..
    tolong kirim ke email saya alvinisha74@gmail.com terimakasih byk

  2. ass…
    izin minta tolong di mana saya bisa dpatkan angk kejadian gastritis pada ibu hamil..??

  3. minta tolng aku mau cari gambaran pengetahuan remaja pola makan tahun 2014. terima kasih

  4. maaf sebelumnya ,, klau boleh saya tau daftar referensinya yang di gunakan apa saja ,,,?? daftar pustakanya juga kalau bisa,,,!!! dikiri ke email ini saja nurhikmah.nhur08@gmail.com
    makasih sebelumya,,

  5. boleh minta refrensi atau daftar pustakanya??? kirim ke email saya ya kharienaputeri@ymail.com
    terimakasih sebelumnya

  6. mas kalau boleh saya mnt daftar referensi serta pustaka yang digunakan..
    tolong kirim ke email saya aviaaristy@yahoo.com

    terima kasih

  7. Mas maaf sebelumnya kalo boleh tau referensi yg dipake apa aja? dan kalo blh tw data statistiknya jg. kalo berkenan mohon kirim ke email saya isty_dieya@yahoo.com.
    trimakasih sebelumnya

  8. mas bsa ,mta daftar pustaka nya ?
    tolong d kirim k email ii_izzo@yahoo.com .. makasih mas ..

  9. mz ble mnt daftar pstakanya ga..? bt skripsi. klo ble ni emailku mz chean_girls@yahoo.com. klo mw tw angka kejdiannya cr’y gmn y mz.. makasi

  10. Mas saya boleh minta daftar pustakanya?? Kalo berkenan mohon dikirim di email saya risa_unair@yahoo.co.id untuk bahan skripsi. Kalo boleh tau juga, saya bisa mendapat data statistik jumlah penderita gastritis di mana ya?? Terima kasih banyak atas bantuannya.

  11. terima kasih postingnya…..
    kalau mas addy berkenan saya mau minta daftar pustakanya untuk skripsi saya. kalau bisa mohon di kirim ke email caxon999@gmail.com
    terima kasih sebelumnya atas bantuannya

  12. B’ THANK’S YAAA!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: